-->
wisata traveling wisata traveling korea wisata traveling jogja wisata traveling ke bandung wisata traveling malam hari wisata solo traveling lokasi wisata traveling tips traveling wisata traveling wisata / agen bus travel wisata flores traveling yuk wisata bandung traveling wisata lombok traveling yuk wisata bali tempat wisata traveling di bandung wisata malang travelingyuk destinasi wisata traveling wisata jalan traveling paket wisata traveling wisata tour traveling wisata traveling di medan wisata traveling ke bromo travel wisata aqso bali wisata travel agent wisata travel air terjun travel wisata aceh travel wisata asia travel wisata agen paket wisata travel agent wisata travel blora wisata travel bandung wisata travel bali wisata travel batu travel wisata banyuwangi travel wisata bromo travel wisata bogor travel wisata bali murah travel wisata banjarmasin travel wisata batu malang travel wisata bromo dari surabaya

Asal-Usul Kata Mantan


Mantan berasal dari pacar yang telah berubah hatinya, kemudian tetapkan kekerabatan secara aklamasi ataupun sepihak. Namun, aku tidak akan membahas romansa semi-labil menyerupai ini. Kali ini aku akan berusaha mencari tahu dari mana kata "Mantan" berasal.


Kata yang memiliki makna selaras dengan bekas dan eks ini lahir alasannya ialah evaluasi rasa. Dalam sebuah majalah Pembinaan Bahasa Indonesia tahun 1984, Ahmad Bastari Suan dari Universitas Sriwijaya mengusulkan pergantian pemakaian kata bekas dan eks untuk kasus-kasus tertentu. Dia beropini dua kata ini nilai rasanya terlalu rendah dan kurang pantas untuk mereka-mereka yang dihormati.

Kemudian, muncul ajuan kata mantan untuk mengganti kata bekas dan eks. Kata tersebut sering digunakan dalam bahasa Basemah, Komering, dan Rejang yang bermakna tidak berfungsi lagi. Seperti referensi penggawe mantan untuk menyebut bekas pegawai atau ketip mantan untuk menyebut bekas khatip dalam bahasa Basemah.


Dalam bahasa Jawa juga ada kata manten yang bentuk dan artinya bertalian dengan mari dan mantun, diambil dari bahasa Jawa kuno yang bermakna berhenti.

Perlahan-lahan kata mantan kemudian diterima dalam pemakaian bahasa Indonesia. Sebagai inti frasa, sesuai aturan DM, pemakaian kata mantan yang berkonotasi bekas diletakkan di awal frasa. Contoh: mantan presiden, mantan gubernur, dan mungkin juga mantan pacar.


Pemakaian kata mantan dimaksudkan untuk menghilangkan konotasi jelek dan menghormati orang yang disebut. Oleh karenanya, pemakaian kata ini lebih ditujukan untuk orang yang diluhurkan. Sementara itu, kata bekas dan eks masih tetap dapat dipakai. Seperti contoh, bekas copet, eks narapidana, bekas kendaraan beroda empat gubenur, atau mungkin juga, bekas pacar.

0 Response to "Asal-Usul Kata Mantan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

liburan liburan indie liburan indie lirik liburan tahun baru liburan di malang liburan 2020 liburan akhir tahun liburan di surabaya liburan ke jepang liburan indie chord liburan ke bali liburan sekolah 2019 liburan jawa timur liburan di bandung liburan di jakarta liburan ke jogja liburan ke malaysia liburan ke thailand liburan ke singapura liburan murah liburan surabaya liburan anak liburan adalah liburan akhir tahun 2019 liburan anak di jakarta liburan anak sekolah 2020 liburan anak sekolah 2019 liburan anak di malang liburan anak di bali liburan anak di bandung liburan australia liburan anak jakarta liburan akhir tahun kemana liburan akhir tahun murah liburan akhir pekan liburan anak sekolah liburan anti mainstream liburan anak bandung liburan asia murah liburan alam di bandung liburan bali liburan bandung liburan bersama keluarga liburan bahasa inggris liburan bangkok liburan bogor liburan bali 2019 liburan banyuwangi

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel